Ads 468x60px

Labels

Jumat, 27 April 2012

Teknik Bersepeda Menanjak

Bersepeda menanjak seringkali dihindari oleh sebagian cyclist, “Ah, jalannya nanjak, males ah…, capek”, dan mungkin berbagai macam alasan lain untuk menghindarinya.
TEKNIK BERSEPEDA MENANJAK UNTUK PEMULA
Sobat justru perlu tahu bahwa ketakutan bersepeda menanjak justru akan membatasi manfaat dari tantangan latihan ini. Manfaat menanjak bersepeda termasuk peningkatan ketahanan otot, kekuatan otot, peningkatan leg power, lebih fokus mental dan peningkatan koordinasi.

Sebagai seorang pesepeda pemula, manfaat ini akan meningkatkan kemampuan bersepeda keseluruhan. Meskipun bersepeda mendaki mungkin sedikit menakutkan, ketika Anda memecahnya menjadi kayuhan-kayuhan yang dikelola dengan baik dan logis, Anda akan dengan mudah menaklukan tanjakan (tantangan) itu pertama dan banyak lagi.
Alih-alih mencari rute jalan datar, Anda mungkin menemukan diri Anda mencari rute yang menyerupai sebuah roller coaster untuk menaklukkan bukit-bukit tersebut dan menuai kepuasan tersendiri kala berhasil melewati tantangan-tantangan (tanjakan demi tanjakan) tersebut.
Untuk itu, berikut kami rangkumkan Teknik Dasar Bersepeda Menanjak (Cycling Uphill):
  1. Mengambil kecepatan pada jalan yang datar beberapa saat ketika hendak memasuki jalur menanjak. Pindahkan gir/gigi pada rasio ringan dan mempercepat kecepatan kayuhan pedal Anda.
  2. Melakukan dorongan/pressing keras pada pedal dan mengerahkan tekanan di seluruh seluruh pedal stroke ketika Anda mulai memasuki jalur menanjak.
  3. Mempertahankan (atur) pola pernapasan Anda untuk memasok oksigen pada otot-otot yang sedang bekerja. Menjaga pinggul Anda tetap dekat bagian belakang sadel ketika duduk dan menjaga punggung lurus untuk memastikan agar dada dan paru-paru tetap terbuka (memudahkan proses pernafasan Anda).
  4. Mengencangkan perut Anda dan merendahkan kepala ke arah sepeda untuk mengurangi hambatan angin dan meningkatkan kecepatan Anda.

    Sumber : http://thingsbike.com/tips-trick/teknik-bersepeda-menanjak-untuk-pemula.html 

0 komentar:

Posting Komentar